Pemangsa yang Suka Menggembara: Crested Honey Buzzard

Sikep Madu Asia atau biasa dikenal dengan nama Crested Honey Buzzard  (l. Pernis ptilorhynchus) adalah jenis burung pemangsa ras oriental atau pengembara (migrasi) yang hidup di kawasan hutan Asia. Maka tidak heran apabila hewan pemangsa ini dapat ditemui bermigrasi di  Batam tepatnya di kawasan Panbil Nature Reserve. 

Memiliki ukuran tubuh 52-68 cm, dan rentang sayap 115-155 cm, Pemangsa yang satu ini biasanya hidup soliter dan berkumpul dalam kawanan kecil saat melakukan migrasi, sebagai persiapan kebutuhan atas persediaan makanannya. Ketika terbang, kepakannya diikuti luncuran panjang dimana Ia bisa melayang tinggi di udara dengan sayap datar dan merupakan pemandangan yang anggun di angkasa.

Berdasarkan penelitian Prof Higuchi dari Jepang dengan menggunakan satelit tracking, Crested Honey Buzzard  umumnya akan masuk musim kawin pada bulan Juni sampai pertengahan September, sepulang dari pengembaraanya di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang kemungkinan menjadi tujuan akhir migrasi mereka.

Setelah perjalanan mengembara selesai, Crested Honey Buzzard akan kawin dan membangun sarang seperti elang pada umumnya, dengan menggunakan ranting-ranting kering dan dedaunan hijau. Pemangsa ini akan bertelur serjumlah 2 butir dengan masa pengeraman sekitar 28-35 hari. Burung ini menyukai ulat, kepompong, anakan tawon dan lebah sehingga sering mengunjungi hutan pegunungan. Setelah telur menetas dan sang anak telah mampu terbang, maka Sikep Madu Asia muda akan menempuh perjalanan jauh mengikuti induknya ketika memasuki masa mengembara (migrasi). 

(M.E, Admin)

ECO EDUCATION

Si Cantik Pemakan Serangga

Setiap flora dan fauna yang hidup di Panbil Nature Reserve merupakan keindahan alami yang dijaga dan dilestarikan keberadaannya…